in

Macam-macam Jenis Oven Rumah Tangga

alat pemanggang oven roller grill

Oven yang dikenal sebagai temat pemanggang yang merupakan sebuah alat untuk membuat kue dari kue kering, bolu dan lain sebagainya. Kurang rasanya jika tidak memiliki oven dalam rumah tangga. Kini banyaknya resep kue di media sosial pasti berkeinginan membuat kue yang dipraktekkan tersebut. Terdapat beberapa macam jenis tempat pemanggang kue yang sesuai dengan rumah tangga baik dari bentuk, merek, jenis, ukuran, hingga fungsinya yang berbeda.

Oven Konvensional

Alat ini terdiri dari satu set kompor yang mempunyai tungku di atasnya. Oven ini sering menggunakan tenaga listrik maupun tenaga gas. Untuk tenaga listrik dipakai apabila tempat pemanggang tersebut bersifat otomatis yang sering dijumpai pada rumah tangga kelas menengah atas.

Raknya yang besar membuat alat pemanggang ini mempunyai kapasitas yang luas. Selain itu juga memiliki pintu yang rapat supaya bisa mengunci panas secara maksimal. Terkadang sering terjadi panas yang tidak merata karena masih terpusat panasnya. Saat ini ada jenis built-in oven versi digital yang memerlukan daya listrik yang tinggi.

Oven Konveksi

Perbedaannya dengan oven konvensional yaitu terdapat kipas didalamnya. Kipas tersebuat memicu udara panas yang berputar-putar ketika kipas dinyalakan, supaya panas tersebut secara merata dan tidak berpusat disuatu tempat saja. Penggunaan alat pemanggang ini bisa menghemat waktu dari 10 sampai 20%  yang mampu membuat kue kering begitu renyah. Merk oven yang sudah terkenal kini ada merk oven Roller Grill.

Oven Tangkring

Seperti namanya tangkring yang berati nangkring di atas kompor, tempat pemanggang ini bertumpu di atas sumber panas saat proses pemanggangan, seperti halnya kompor atau bara api. Alat ini lebih dikenal sebagai otang yang terbuat dari aluminium atau besi.

Terdapat dua jenis model oven tangkring yang beredar di pasaran seperti yang lurus di bagian atasnya dan ada juga yang mempunyai cekungan di atasnya. Yang memiliki cekungan sebagai tempat menaruh arang dan sering digunakan memanggang kue yang memerlukan api di atasnya.

Sehingga memiliki panas yang cepat daripada yang memakai listrik. Kekurangannya yaitu tidak terdapat penunjuk suhu. Harus memakai insting sendiri saat memanggang kue apa sudah masak atau belum. Alat ini sering digunakan untuk memanggang lasagna, brownies, pizza, roti, dan cake.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips memilih jasa freight forwarding

5 Tips Tepat Memilih Jasa Freight Forwarding

contoh gas deep fryer

Mesin Gas Deep Fryer Untuk Restoran