in

Pemilihan peralatan dapur yang tepat meningkatkan keberhasilan bisnis kuliner

Pemilihan commercial kitchen equipment yang meningkatkan bisnis kuliner

Bagi orang yang sudah lama berkecimpung di industri food service pasti tidak asing lagi dengan istilah HORECA. HORECA adalah singkatan dari Hotel, Restaurant dan Catering. HORECA sendiri diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dari bahasa Belanda Uniforme Voorwaarden Horeca (UVH) yang dapat diartikan secara harafiah sebagai keadaan yang seragam di bidang industri hotel dan katering. Di Indonesia sendiri bisnis di bidang HORECA sangat erat kaitannya dengan bisnis hospitality, yakni bisnis yang mengandalkan pelayanan terhadap konsumen. Sehingga tidak heran jika banyak pelaku usaha berlomba-lomba meningkatkan pelayanan dari segi mutu produk yang mereka tawarkan.

Salah satu bisnis HORECA yang sedang menjamur seiring dengan tren masyarakat saat ini adalah bisnis restaurant atau cafe. Pelaku usaha melihat bahwa masyarakat sekarang gemar mengadakan acara berkumpul di tempat-tempat yang instagramable, dengan tujuan bukan hanya sekedar makan dan mengobrol, tapi juga untuk mengabadikan momen tertentu dengan background foto yang indah dan menarik. Namun perlu diingat bawah fokus utama dari binis ini adalah tetap pada menu makanan dan minuman yang disediakan. Karena jika hanya berfokus pada tempat yang indah tanpa dibarengi dengan makanan dan minuman yang enak tentu minat pengunjung untuk datang ke restaurant tersebut akan berkurang.

Perlu diingat bahwa salah satu kunci keberhasilan membangun bisnis restaurant adalah pemilihan commercial kitchen equipment yang tepat. Sayangnya banyak orang yang ingin memulai bisnis di bidang ini ragu untuk melakukan investasi pada peralatan commercial kitchen equipment yang digunakan. Investasi dilakukan secara minim dengan tujuan menghemat biaya yang keluar sehingga pemilihan peralatan dapur menjadi tidak tepat sasaran. Padahal jika dikaji dengan baik, investasi peralatan yang dilakukan setengah-setengah justru dapat mengakibatkan biaya operasional yang membengkak di kemudian hari. Misalkan pemilihan product showcase yang terlalu kecil, padahal varian produk yang ingin dijual banyak, sehingga produk yang dijual tidak bisa ditampilkan sekaligus. Pada akhirnya justru harus membuang produk karena kualitas yang sudah tidak terjaga. Sehingga menjadi penting memilih commercial kitchen equipment yang tepat di awal memulai bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

contoh gas deep fryer

Mesin Gas Deep Fryer Untuk Restoran

Cara memperlancar ASI alami yang aman bagi kesehatan

Bahan Pelancar ASI Alami Dari Sumber Protein