in

Politik Hari Ini : Langkah Memberantas Korupsi dari Pemilu 2019

Memberantas korupsi untuk perubahan politik

Banyaknya kasus yang melibatkan anggota DPRD atau legislatif lainnya memang membuat masyarakat merasa bahwa sulit untuk mempercayai para calon legislatif yang akan melaju di pemilu 2019 dalam politik hari ini. Hal ini juga menjadi perhatian KPK terkait banyaknya kasus korupsi yang tertangkap dilakukan oleh para pejabat tersebut. Sehingga memang perlu adanya langkah selanjutnya agar masyarakat merasa lebih tenang dan mampu membangun kepercayaannya kembali.

Desakan Mengeluarkan Nama Caleg Mantan Koruptor

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang sangat memperhatikan terkait resiko yang mungkin terjadi jika mantan napi korupsi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Setelah melakukan diskusi penting dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dilakukan pengumuman terkait adanya 40 nama calon legislatif yang merupakan mantan napi korupsi. Adanya pengumuman tersebut diharapkan para pemilih nantinya bisa jauh lebih bijak dalam mempertimbangkan keputusannya dan tidak memilih caleg yang mantan seorang koruptor.

Dalam politik hari ini bukan berbicara mengenai memberikan kesempatan kedua, tetapi tentunya juga berkaitan dengan keamanan yang perlu diperhatikan dengan baik. Masalah ini tidak hanya menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh KPK atau KPU tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama dengan masyarakat. Sehingga mengumumkan nama-nama caleg mantan napi korupsi yang tersebar hampir di semua partai politik yang ada di dalam pemilu 2019 adalah langkah tepat yang memang harus segera dilakukan.

Peran Masyarakat Memberantas Korupsi

Desakan KPK terhadap KPU untuk rilis nama calon legislatif yang mantan napi koruptor bertujuan untuk meminimalisasi terjadinya kasus korupsi ulangan yang dilakukan oleh calon legislatif tersebut. Tentunya hal ini juga akan lebih optimal mencapai keberhasilannya jika masyarakat turut andil dalam memperhatikan hal tersebut. Pemilih adalah tonggak utama yang akan memberikan hak suaranya untuk kemajuan negeri, maka soal memilih calon legislatif juga bukan merupakan hal yang sepele. Apalagi terkait jumlah surat suara yang banyak dengan calon legislatif yang juga banyak akan sangat membingungkan bagi para pemilih nantinya dan mungkin akan malas untuk melihatnya satu per satu.

Tetapi langkah penting yang harus dilakukan adalah mengenali calon legislatif yang akan dipilih. Memastikan kualitas mereka terlebih dahulu memang akan sangat membantu untuk mengambil keputusan yang tepat. Saat ini dengan kecanggihan teknologi tentu anda bisa mencari informasi terkait para calon legislatif secara lebih mudah. Selain itu, tentunya sebelum pelaksanaan pemilu akan ada sosialisasi terkait berbagai hal persiapan pemilu 2019. Sebaiknya masyarakat juga tidak bersikap acuh terhadap masalah ini karena ketidakpedulian tersebut bisa saja memberikan kesempatan untuk para koruptor beraksi di dunia legislatif yang nantinya juga dapat merugikan masyarakat karena politik hari ini berpengaruh pada politik selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

undangan pernikahan

Kreasikan Cetak Undangan Pernikahan Hard Cover Tampil Dengan Elegan

Pentingnya melakukan foto prwedding

Foto Prewedding Indoor atau Outdoor Jakarta, Seberapa Penting?